Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti*


yang patah tumbuh, yang hilang berganti

yang hancur lebur, akan terobati

yang sia-sia akan jadi makna

yang terus berulang suatu saat henti

yang pernah jatuh ‘kan berdiri lagi

yang patah tubuh, yang hilang berganti

sad-clown_1187-862

Hidup itu seperti roda. Berputar. Klise memang di telinga. Tapi, sejatinya demikianlah adanya. Sayangnya, walaupun otak sadar kita sangat mengerti kalimat tersebut, kita tidak selalu bisa menerapkannya dengan mudah dalam hidup ini. Pertanda kita masih manusia biasa.

Tak terhitung di hidup ini, kita merasa patah. Tak terhitung pula kita bangkit lagi. Walau sebelum bangkit kita mungkin pernah merasa dunia seperti akan kiamat esok hari. Walau sebelum bangkit kita mungkin ingin hidup ini diakhiri. Tak apa.

Tak apa merasa patah seolah tak ada warna lain selain hitam. Tak apa jatuh seolah kebahagiaan terus bergerak menjauh. Tak apa muram seolah semua yang kita lihat hanya buram. Tak apa bersedih seolah hidup kita yang paling pedih. Asalkan hanya sementara.

Tegar tidak berarti tak pernah sedih dan menangis. Tidak berarti tak pernah patah dan ingin menyerah. Tidak berarti selalu menyikapi duka dengan tawa. Kita masih manusia, sah saja merasa sedih, patah, dan berduka.

Ketika saat itu datang, ingatlah kita pernah berjalan demikian jauh dan berdiri teguh. Kita pernah tersungkur namun tak ayal kembali bertumbuh. Kita telah bertahan menghadapi dunia.

Apa pun yang membuatmu patah hari ini, bersedihlah! Terimalah bahwa dirimu bersedih!

Setelah tuntas bersedih, susun kembali kepingan hidup yang berserak. Kamu tidak bisa? Tidak, kamu pasti bisa. Tahun-tahun yang sudah kamu jalani telah membuktikan kamu menang dalam pertarungan melawan dunia. Kali ini, kamu akan tetap menang seperti biasanya. Berterimakasihlah kepada dirimu atas ketabahannya selama ini dengan tetap melanjutkan hidup. Ya, karena kamu pasti bisa melanjutkan hidup. Seperti yang sudah-sudah, seperti biasanya.

 

Malam, Yogyakarta

Icha Planifolia

 

*) Dikutip dari salah satu lagu Banda Neira

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s